Sebelum ambil Kredit Kendaraan, Kamu Wajib Lakukan Hal Ini.

24 Nov 2022

Kamu mungkin ngerasa udah saatnya buat ngambil Kredit Kendaraan, hmmm tapi apa iya? Di artikel ini kamu bakal ketemu sama hal apa saja yang wajib kamu pertimbangkan sebelum memutuskan ngambil kredit kendaraan.

 

Sebelum Beli Kendaraan Secara Kredit, Hal Ini Nih yang Perlu Jadi Pertimbangan

Maksain buat ngambil Kredit Kendaraan pas keuangan lagi nggak sehat itu berisiko lho, makanya kamu perlu tau dulu kondisi keuangan kamu apakah lagi sehat atau malah nggak sehat? Perlu adanya pertimbangan jangka panjang nih.

Sebelum ambil kredit kendaraan atau beli kendaraan, apa aja sih yang perlu dipertimbangin? Terus kalo kredit, cicilan yang ideal tuh kisaran berapa sih? Cara hitung bunga kredit kendaran tuh gimana sih?

Do Financial Check Up

Financial Check Up ini jadi langkah selanjutnya setelah kamu tau tujuan pembelian kendaraan. Di Financial Check Up ini kita bisa tau kondisi keuangan saat ini, apakah masuk ke golongan keuangan yang sehat atau belum? Dan apakah dana daruratnya udah aman atau belum? Kita juga perlu cek rasio utang kita saat ini sebelum mengambil Kredit Kendaraan, ada dua rasio yang bisa dicek yaitu:

  • Rasio Cicilan, merupakan jumlah maksimal untuk cicilan bulanan yang perlu dijaga, idealnya sih dibawah 30-35% dari jumlah penghasilan.
  • Rasio Utang Terhadap Aset, merupakan jumlah total dari semua utang yang kita punya (pokok dan bunganya), jumlahnya nggak boleh melebihi 50% dari total aset soalnya ini berbahaya dan nambah risiko terhadap aset yang kita punya.

Contoh kasusnya gini, kalo kita udah punya cicilan hutang seperti Kartu Kredit, KTA, KPR, dan atau cicilan-cicilan lainnya ke bank, nantinya itu bakalan dihitung sebagai total cicilan utang.

Nah pas kita ngambil kredit ke bank, biasanya mereka bakalan ngecek dulu cicilan yang kita punya. Biasanya bank juga bakalan menjaga batas rasio cicilan disekitaran angka 30-35% dari penghasilan.

Alangkah baiknya, sebelum ngajuin kredit baru kita lunasin utang-utang yang udah ada (terutama utang konsumtif) supaya nilai rasio cicilan yang kita punya bisa turun dan keuangan tetep sehat pada saat ngajuin cicilan Kredit Kendaraan.


Siapkan Uang Muka (DP) dan Tenor

Selanjutnya kamu perlu siapain uang muka dan nentuin tenor/jangka waktu cicilan kendaraan yang akan kamu ambil, semakin besar DP maka semakin kecil utang kamu ke Bank.

Kamu bisa menggunakan kalkulator simulasi kredit kendaraan atau meminta dari pihak Bank untuk dibuatkan supaya kamu bisa melihat perbedaan uang muka, tenor, cicilan dan bunga yang akan kamu bayar nantinya.

Contoh :

-      Harga mobil: Rp 200.000.000

-      Uang muka: Rp 60.000.000 (atau sekitar 30%)

-      Utang bank: Rp 140.000.000 (atau sekitar 70%)

 

Contoh Skema Perhitungan Kredit Kendaraan

Sumber: bcafinance.co.id

Tabel di atas sebagai gambaran buat hitung kredit kendaraan dengan total utang bank sebanyak 140 juta rupiah (berkaitan dengan contoh sebelumnya). 

Kalo kita hitung lagi lebih rinci berdasarkan besaran bunga dan tenornya kira-kira gini nih,

Dari tabel perhitungan di atas, sebaiknya kita siapin uang muka sekitar 30-50% dengan tenor idealnya 3 tahun, supaya besaran bunga yang dibebankan ke kita nggak terlalu gede. 

Saat ini, kendaraan bisa jadi salah satu kebutuhan buat kita. Tapi tetep aja, dalam hal pengambilan kredit kendaraan perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang baik supaya kondisi keuangan tetep sehat walaupun kita punya cicilan kredit kendaraan. 

Kamu bisa bikin perencanaan keuangan kamu di Kebizz lho, fiturnya udah dilengkapi sama kalkulator yang bisa hitung dan bikin simulasi kapan rencana kamu bisa terwujud. Bikin nya anti ribet dan bisa dilakukan kapan aja.