Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan kartu kredit!

24 Nov 2022

Benarkah stigma tersebut?

Jadi kartu kredit dibuat dengan tujuan apa sih sebenernya?

Terus gimana dong penggunaan kartu kredit yang bener?

Kartu kredit ini bisa ngasih kita manfaat nggak si buat kita?

Yuk kita bahas bareng!


Tujuan Kartu Kredit

Singkatnya kartu kredit ini ada untuk membantu kita sebagai alat pembayaran sehingga kita tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Yang perlu kita sadari bahwa setelah memakai kartu kredit maka akan ada tagihan.

Tapi karena kartu kredit menyediakan fitur minimum payment (jumlah saat ini 5% dari total tagihan yang ada), jadinya sisa tagihan yang belum dibayar (kira-kira 95% dari total tagihan) akan dihitung menjadi utang kartu kredit dan terkena bunga berbunga selama belum dilunasi.


Penggunaan kartu kredit yang menimbulkan utang termasuk ke dalam golongan kredit konsumtif, karena penggunaannya tidak ditujukan untuk hal-hal yang sifatnya produktif.

Lalu apa aja sih yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuat kartu kredit?

  1. Sesuaikan dengan kemampuan bayar mu. Jangan ambil limit yang terlalu besar karena nanti kamu akan kesulitan membayar full tagihan.
  2. Membuat batas pemakaian kartu kredit. Buat komitmen rata-rata pemakaian kartu kredit setiap bulan, misal 1-2 juta rupiah.
  3. Selalu ingat tanggal jatuh tempo pembayaran. Set reminder kapan jatuh tempo pembayaran supaya tidak kena denda.
  4. Pantau dan catat transaksi penggunaan kartu kredit. Hal ini juga bisa bantu kamu untuk mengatur keperluan yang lebih penting dan bisa menghindari perilaku konsumtif.


Selain hal-hal yang perlu diperhatikan, kamu juga bisa simak tips memakai kartu kredit dengan benar dari Kebizz: 

  1. Miliki sesuai kemampuan. Sesuaikan dengan anggaran yang sudah disiapkan, misalnya kamu sudah membuat anggaran rumah tangga sebesar Rp 1.000.000 per bulan, kita sudah siap untuk menghadapi tagihan yang akan datang. 
  2. Lunasi tagihan, jangan hanya bayar minimum payment. Kalau kita cuma bayar minimum payment maka sisa tagihan akan terkena bunga. Misalnya tagihan Rp 5.000.000 yang dibayar cuma minimum payment (kebijakan nya 5% dari total tagihan) yaitu Rp 250.000 (5% x Rp 5.000.000) artinya sisa dari pembayaran tersebut (Rp 4.750.000) akan dikenakan bunga 1.75%. Jadi nanti total tagihan bulan depan itu adalah sisa tagihan (Rp 4.750.000) ditambah bunga (Rp 4.750.000 x 1.75% = Rp 83.125) atau sebanyak Rp 4.833.125.
  3. Disiplin dan bijak dalam pemakaian.Jadi sebenernya hal yang perlu diperhatikan itu adalah kedisiplinan dan pengendalian diri kita sendiri dalam penggunaan kartu kredit. Bisa bermanfaat jika digunakan dengan bijak dan sebaliknya bisa menjadi masalah jika tidak dikontrol. Yuk bijak pakai kartu kredit!